Fitur Windows Terbaru (Seven)

Mari Kamu lihat “adiknya” windows Vista yang versi betanya belum usang diluncurkan. Apa saja perubahanya dan apakah lebih baik dari Windows Vista?

Microsoft berencana meluncurkan Windows 7 secara resmi di tahun 2010, tetapi versi beta Windows 7 itu paling tidak hingga goresan pena ini dipublikasikan sanggup didownload dari situs web Microsoft, alamat pastinya yaitu http://microsoft.com/windows/windows-7/beta-download.aspx. Pembaca tak perlu repot mendownload lantaran versi betanya sudah sanggup dibeli di toko-toko Laptop atau Komputer terdekat. Sambil menunggu instalasi berjalan, inilah pengalaman saya ketika mencoba Windows 7.

Instalasi berjalan mulus menyerupai di Windows Vista, segala info yang perlu dimasukan diminta pada awal dan tamat instalasi, jadi jika instalasi sudah berjalan, Laptop atau Komputer sanggup ditinggal. Ingat kan bagaimana Windows XP meminta info mengenai tanggal, bulan, dan waktu serta jaringan di tengah-tengah instalasi sehingga proses instalasi harus ditongkrongi?

 windows Vista yang versi betanya belum usang diluncurkan Fitur Windows terbaru (Seven)

Boot Ngebut.

Saya merasa boot Windows 7 lebih cepat ketimbang Windows Vista. Cepatnya proses boot itu disebabkan Microsoft mengubah penempatan layanan (Service) pada memori. Di Windows 7, layanan atau service dijalankan dengan paralel, selain dijalankan secara paralel, layanan yang dijalankan pada ketika booting lebih sedikit. Ada pula perubahan pada memori. Windows Vista menggunakan memori tertentu per jandela, setiap kali jendela gres Berjalan, sejumlah daerah pada memori dipakai, lama-kelamaan, memori menjadi penuh, risikonya windows vista secara otomatis menggunakan Settingan Aero untuk membebaskan sejumlah memori. Di Windows 7, seluruh jendela akan berada di daerah yang sama dalam memori. Dengan demikian, tidak banyak memori yang terpakai.

Ada apa dengan taskbar ?

Saat masuk ke desktop tampaklah perubahan pada taskbar. Tombol-tombol untuk mengakses aplikasi dengan cepat muncul lebih besar ketinmbang tombol-tombol di versi Windows sebelumnya. Tombol-tombol itu ternyata bukan cuma untuk tombol saluran cepat (Quick Launch), saya mencoba membuka Windows Explorer dan Notepad, muncul icon Windows Explorer dan Notepad di taskbar. Tapi kok cuma icionnya saja?? Kemana teks yang biasanya mendampingi ikon menyerupai pada Windows versi sebelunya ? Itulah bedanya, taksbar tak lagi menampilkan ikon berikut keterangan aplikasi, ikon saja yang ditampilkan. Kalau pointer mouse ditaruh pada atas ikon munculah kotak preview, kotak itu menampilkan versi kecil jendela aplikasi yang ikonya disorot.

Ada kaksus menyerupai ini, jika Kamu membuka lima jendela Windows Explorer, kelima jendela tersebut di kumpulkan dan disatukan menjadi satu ikon di taskbar, jika ikon itu Kamu sorot, munculah preview untuk kelima jendela Windows Explorer tersebut. Ada tombol kecil disisi paling kanan taskbar, jika diklik semua aplikasi ter-minisize dan Desktop pun ditampilkan.

Dukungan Perangkat Keras.

Dukungan perangkat keras tak cuma pada driver, soal ini sih harusnya tak lagi jadi masalah. Semua perangkat yang sanggup berjalan di Windows Vista sanggup dipastikan dikenali oleh Windows 7, hanya saja di Windows 7 ada Settingan gres yang disebut “Device Stage”.

Fitur ini memudahkan orang ketika menghubungkan perangkat, menyerupai kamera digital, ponsel, pemutar media, atau printer. Pada saat salah satu tercolok, bukan window autoplay yang keluar, tapi suatu boks dengan hidangan yang lebbih berguna, isinya tak lain yaitu hal-hal yang sanggup anda lakukan dengan hal itu.

Sejauh ini “Device Stage” cuma muncul jika si pembuat perangkat keras menciptakan dokumen xml menurut template dadri Microsoft. Ngomong-ngomong soal multi media, Windows 7 nantinya akan mendukung format AAC dan video H.204. Kedua format tersebut merupakan format standar bunyi dan video yang biasa digunakan pada iPod dan Machintos.

Tak Terlalu Cerewet

Windows Vista muncul dengan Settingan pengendalian akun pengguna alias User Account Control (UAC). Tujuan UAC yaitu untuk mempersulit gerak malware, lantaran setiap kali instalasi segala aktivitas (termasuk instalasi malware), Windows akan memunculkan boks yang bertanya “Apakah anda hendak menjalankan file ini”. Kadang-kadanh pertanyaan dari Windows itu tak cukup sekali, jika Windows itu tak mengenali pembuat software, Windows lebih dulu menginformasikan adanya aktivitas pembuat tak dikenal hendak dijalankan. Kotak boks pun menanyakan “Apakah aktivitas itu boleh jalan terus”, sehabis di jawab pun akan muncul boks lagi dengan pertanyyaan yang tak jauh berbeda.

Pertanyaan berulang-ulang itu kadang menciptakan pengguna Windows Vista tak nyaman. Microsoft menyadari hal itu sehabis memperoleh feedback dari pengguna Windows Vista. Pada UAC Windows 7, ada pengaturan biar Windows 7 tak banyaomong menanyakan aneka macam hal pada intalasi. Pengguna sanggup menetukan hingga mana Windows 7 mencegah intalasi.

Fitur Lain.

Itulah sekilas perihal Windows 7. Fitur lain yang cukup menarik yaitu Settingan pencarian yang menggunakan pustaka (Library). Pustaka tersebut memlliki kategori misalkan, Video, Audio, atau Dokumen. Pengguna sanggup menambah atau menghapus kategori sendiri. Selain itu Settingan yang bersama-sama sangat menarik yaitu adanya input menurut babnyak sentuhan. Windows 7 yang diinstal pada Laptop atau Komputer table dan layar sentuh sanggup mendapatkan input dari beberapa sekaligus.

Apakah anda ingin mencobanya?? Selamat mencoba…

Jika ada Pertanyaan ? Silahkan Chat Disini