Kloning hard disk berkhasiat untuk menyalin keseluruhan data dan dokumen yang ada di dalam hard disk tanpa harus kehilangan satu file-pun. Walaupun di dalam hard disk tersebut terdapat file atau folder yang disembunyikan, dengan cara mengkloning hard disk seluruh file dan folder tersebut akan tetap tersalin dengan baik. Kloning hard disk sering kali diharapkan ketika Kamu ingin mengganti atau menambah kapasitas hard disk yang ketika ini Kamu gunakan tanpa harus melaksanakan install ulang.

Selain untuk menyalin data dan dokumen, kloning hard disk juga sanggup dipakai untuk menyalin sistem operasi secara utuh. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, ketika Windows sedang berjalan, sistem operasi otomatis mengunci file tertentu sehingga tidak dimungkinkan untuk di salin maupun di pindahkan. Namun kalau tetap dipaksakan, otomatis sehabis di restart Windows akan mengalami problem booting. Untuk itu, pada goresan pena kali ini ahdanahmad.com akan membahas salah satu software kloning hard disk yang baru-baru ini aku uji sendiri (HDD => SSD). Aplikasi tersebut dijuluki EaseUS Todo Backup Home 9.1.

Ease US Todo Backup yaitu aplikasi pembuat cadangan (backup) untuk OS Windows yang mempunyai antarmuka sederhana dan gampang digunakan. Fitur utama dari Ease US Todo Backup Home antara lain:

  • Solusi cadangan berbasis awan – Salin cadangan data kamu ke Google Drive, OneDrive & Dropbox.
  • Murah Tapi tidak murahan – Aman dan mempunyai antarmuka yang gampang digunakan. Harga dari aplikasi ini hanya 50% dari harga aplikasi backup pada umumnya.
  • Handal & kondusif – Cadangkan data penting kamu dengan aman.
  • Kompatibel dengan OS Microsoft Windows terbaru – Mendukung Windows XP sampai Windows 10.

Kloning (copy) hard disk ke SSD / hard Disk lain memakai EaseUs Todo Backup

Step 1: Setelah beres mengunduh EaseUs Todo Backup Home, jalankan aplikasi utamanya dan klik tombol Clone.

Step 2: Pilih hard disk yang ingin kamu copy / kloning dan klik tombol Next untuk melanjutnya.

Kloning hard disk berkhasiat untuk menyalin keseluruhan data dan dokumen yang ada di dalam ha Kloning Hard Disk / Sistem Operasi Ke SSD / Hard Disk Lain

Pilih hard disk sumber (EaseUs Todo Backup)

Step 3: Disini, pilih hard disk tujuan yang ingin dipakai sebagai daerah backup Berikutnya klik Next. Pada layar ini kamu juga sanggup menentukan apakah akan memakai metode standar atau sector by sector clone (lebih kondusif Tapi memakan proses yang lebih lama).

Kloning hard disk berkhasiat untuk menyalin keseluruhan data dan dokumen yang ada di dalam ha Kloning Hard Disk / Sistem Operasi Ke SSD / Hard Disk Lain

Pilih hard disk tujuan (EaseUs Todo Backup)

Step 4: Terakhir, cek kembali apakah semua sudah benar dan klik Proceed untuk memulai proses.

Kloning hard disk berkhasiat untuk menyalin keseluruhan data dan dokumen yang ada di dalam ha Kloning Hard Disk / Sistem Operasi Ke SSD / Hard Disk Lain

Konfirmasi kloning (EaseUs Todo Backup)

Setelah ke empat langkah di atas sukses dijalankan, cek hard disk gres kamu melalui File Explorer apakah sudah tersalin dengan benar atau belum.

Download EaseUs Todo Backup