inilah sebenarnya berapa sih gaji pns 2018.kita tahu saat ini lowongan cpns telah dibuka yaitu tepatny pada tanggal 19/09/2018.kabar tersebut bukan kabarang burung belaka.yang memang katanya akan dibuka sebelum dan akhirnya diundur – undur karena berbagai maca alasan.

gaji pns 2018 terbaru

untuk tahun ini pemerintah telah membuat banyak sekali lowongan untuk pns 2018 ini.kesempatan ini merupakan yang tidak bisa dilewatkan bagi teman – teman yang sedang mencari pekerjaan.pns ini menjadi salah satu favorite pekerjaan dindonesia.sebenarnya pns ini bukan hanya favorite di negara kita.tapi juga memang salah satu pekerjaan yang favorite juga di negara- negara sana terutama jika negara itu adalah negara maju dan berkembang.

lalu kenapa banyak sekali yang ingin menjadi PNS ?

alsannya sederhana karena memang mereka sedang membutukan pekerjaan.mengingat mencari pekerjaan sekarang susah sehingga pns mungkin bisa menjadi solusi.selain itu kerja di pns tidak ada namnya kontrak paling hanya ada aturan yang perlu diikuti beda halnya kalau teman – teman kerja di perusahaan yang memang teman – teman itu akan terikat kontrak.dan ketika kontrak itu habis maka teman – teman pun tidak akan bisa kerja lagi.itulah salah satu kenapa banyak orang yang ingin menjadi PNS.

lalu pertanyaanya apakah gaji PNS itu besar?

ketika saya mencari informasi – informasi mengenai gaji pns di google dan di website berita seperti tribun,saya menemukan gaji pns itu tidak terlalu besar.kisaran minimum karyawanlah.untuk lebih detailnya saya ambil dari tribun berikut ini :

Peserta dengan pendidikan terakhir sekolah dasar termasuk golongan IA, SMA dan sederajat masuk golongan IIA, D-3 sederajat golongan IIC, S-1 sederajat golongan IIA, S-2 sederajat golongan IIIB, dan S-3 sederajat termasuk PNS golongan IIIC.

Berdasarkan PP Nomor 30 Tahun 2015, gaji PNS terendah yakni untuk golongan IA dengan masa kerja nol tahun sebesar Rp 1.486.500.

Sementara PNS dengan pengalaman kerja nol tahun yang gajinya tertinggi adalah golongan IVE sebesar Rp 3.422.100.

Meski gaji pokoknya tergolong kecil setara upah minimum, PNS terkenal dengan banyaknya tunjangan kinerja. Bahkan, di beberapa instansi, tunjangannya bisa berkali-kali lipat dari gaji pokoknya.

Meski begitu, tak ada aturan pemerintah yang mengatur soal tunjangan. Setiap institusi memiliki kebijakan sendiri soal tunjangan bagi PNS.

Jumlah tunjangan pun berbeda antara pusat dan daerah.

“Tergantung instansi masing-masing. Tunjangan kinerja di Jakarta pun berbeda dengan yang NTB,” kata Ridwan.

Berikut rincian gaji PNS tanpa pengalaman kerja (sebagai PNS) yang diatur PP Nomor 30 Tahun 2015.

IA : Rp 1.486.500
IIA : Rp 1.926.000
IIIA : Rp 2.456.700
IIIB : Rp 2.560.600
IIIC : Rp 2.668.900
IIID : Rp 2.781.800
IVA : Rp 2.899.500
IVB : Rp 3.022.100
IVC : Rp 3.149.900
IVD : Rp 3.283.200
IVE : Rp 3.422.100

sumber : gaji pns 2018

dari situ kita bisa tahu bahwa gaji pns itu tidak tinggi tapi yang menjadi ketertarikan pelamar adalah tunjangan.tunjangan ini disesuaikan dengan instansi masing – masing daerah.jadi yang besar ya dapat besar tapi kalau yang kecil hehe.

kalau memang teman – teman berminat sih tidak masalah dan bisa dijadikan solusi bagi teman – teman yang mungkin sedang mencari pekerjaan tetap.tapi perlu diingat melamar pns itu tidak segampang yang teman – teman laksanakan.sehingga teman – teamn perlu dipersiapkan jika ingin mendaftar.

demikian ulasan mengenai sebenarnya berapa sih gaji pns 2018.semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi teman – teman yang ingin mencoba daftar menjadi pns.