Tidak ada salahnya memakai Laptop atau Komputer apa adanya. Tentu saja, ada risikonya. Misalnya, Laptop atau Komputer kian hari kian lambat. Padahal perawatan sudah dijalankan. Baik meng-update driver, menghapus file sampah, dan bermacam-macam perawatan rutin lain. Atau mungkin Laptop atau Komputer berjalan stabil, Tapi bunyi yang ditimbulkannya sangat mengganggu.

Masalah burn CD kadang juga menciptakan jengkel. Apalagi misalnya, CD tersebut hendak dipakai pada audio di mobil. Sebel memang kalau PC tidak menuruti kemauan Kamu sebagai pemiliknya. Semua problem yang mungkin timbul menyerupai di atas disebabkan PC yang liar. Seperti kuda dari padang rumput, sebelum dipakai harus dijinakkan terlebih dahulu. Agar Kamu terhindar dari ketidaknyamanan menungganginya.

Tidak ada salahnya memakai Laptop atau Komputer apa adanya Tips Mempercepat Kinerja/Proses Komputer

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menanggulangi banyak sekali permasalahan dikala memakai PC, baik di rumah maupun di daerah kerja. Kami juga menambahkan cara evakuasi data e-mail. Selamat mencoba!

1. Percepat Booting dan Ringankan beban CPU.

Seiring dengan waktu, usang kelamaan PC terasa makin lambat dan berat. Apa saja yang sanggup dilakukan untuk menanggulanginya?

  1. Step pertama mempercepat boot via BIOS. Untuk keterangan selengkapnya, kamu sanggup melihatnya pada “Menguak Tabir BIOS” di PC Media 04/2004yang lalu.
  2. Berikutnya mulai ke area operating system. Untuk Windows XP, mulai dengan membuka System Configuration Utility. Pada tab BOOT.INI, beri tanda (P) pada “/NOGUIBOOT”. Ini akan mempersingkat waktu boot dengan menghilangkan Windows startup screen. Pada tab Startup, seleksi ulang seminimal mungkin item yang sangat dibutuhkan. Hal yang sama juga dilakukan pada service yang dijalankan. Usahakan jumlah service yang ter-load tidak lebih dari 25.
  3. Windows XP memang tampak begitu memukau pada tampilannya. Namun kalau kebutuhan utama kamu yaitu kecepatan dan bukan keindahan, setting ulang interface ini sanggup menambah kecepatan. Masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.

  • Menghilangkan wallpaper dan minimalisasi jumlah desktop icon juga sanggup mempercepat PC kamu. Kurangi jumlah desktop icon hingga maksimal lima buah.
  • Menghilangkan bunyi pada event Start Windows juga akan mempercepat proses boot. Mau lebih cepat lagi? Pilih “No Sounds” pada sound scheme.
  • Berapa jumlah font yang terinstal pada Windows kamu? Makin banyak jumlah font yang terinstal akan menambah berat beban kerja PC kamu. Windows secara default menyertakan sejumlah kurang dari 100 font. Usahakan jumlah font yang terinstal pada kisaran 150 font.
  • kamu rajin meng-update driver? Bagus. Namun tahukah kamu, file-file yang dipakai driver usang kamu sanggup memperlambat PC. Cara paling gampang memakai utility komplemen menyerupai Driver Cleaner. Utility ini membersihkan driver nVidia dan ATI terdahulu. Driver Cleaner 3.0, juga sanggup membersihkan driver usang beberapa chipset motherboard, sound card, dan lain-lain.

2. Overclock

Ini belahan yang paling menarik. Pada belahan ini kami akan memandu overclocking, dengan mengandalkan beberapa software yang bisa di-download gratis dari internet.

Overclock Video Card.

Overclocking pada video card, relatif gampang apalagi dengan Powerstrip.

kamu bisa memakai Powerstrip dengan men-download dari www.entechtaiwan.net.

  • Atur konfigurasi dari Performace profile, dengan klik kanan di tray icon.
  • kamu akan melihat dua buah vertical slider. Slider kiri, control untuk core speed video card. Slider kanan merupakan control dari kecepatan memory video card.
  • Tambahkan core speed video card secara sedikit demi sedikit (maksimal 2 Mhz). Lakukan tes stabilitas dengan memainkan game 3D atau menjalankan benchmark. Ulangi hal tersebut hingga core speed maksimal darivideo card. Lakukan hal yang sama untuk memory clock. Kini kamu bisa menikmati frame rates gres yang lebih cepat secara gratis.

Overclock Motheboard

Untuk melaksanakan overclock terhadap motherboard sedikit berbeda. kamu harus menyesuaikan aplikasi sesuai dengan chipset motherboard. Di sini kami mengambil referensi overclocking dua buah motherboard. Pertama yaitu motherboard dengan chipset nForce2.

Untuk motherboard dengan chipset nVidia, kamu bisa memanfaatkan aplikasi NV system utilities dari www.nvidia.com. Pada aplikasi ini, tinggal menggeser slider kearah kanan pada belahan Bus speeds. Ini akan menyesuaikan clock FSB juga memory bus. Untuk AGP bus, tersedia pada slideryang terpisah. Tersedia juga setting untuk memory control timing. Setting memory yang lebih bernafsu akan menguntungkan untuk sistem AMD. Sama menyerupai pada video card, kamu harus menambahkan secara sedikit demi sedikit FSB dan AGP bus. Jalankan tes stabilitas. Setelah beres, kamu bisa mengakhiri dengan mengklik tombol (OK).

Catatan: Pada saat OCyang kamu lakukan tidak sesuai, maka Laptop atau Komputer akan otomatis hang dan terpaksa me-restart Laptop atau Komputer.

Motherboard kedua yaitu Intel D875PBZ. Menggunakan Intel Desktop Control Center, sayangnya utiliti ini hanya berjalan pada motherboard keluaran Intel.

Untuk melaksanakan OC, kamu bisa melakukannya dengan otomatis. Bisa juga secara manual. Pada hidangan Tune yang terdapat di belahan atas, pilih option Burn-in, enable burn-in mode. Terdapat Host I/O mode dan AGP/PCI mode. Pada Host I/O mode, OC dilakukan berdasarkan persentase hingga 4 %. Sedangkan pada AGP/PCI mode, menaikkan bus clock AGPyang otomatis akan meningkatkan clock PCI. Setelah melaksanakan penambahan, kamu bisa mengukur stabilitas. Dengan melaksanakan stress-it pada belahan kiri bawah aplikasi yang bertanda centang.

3. Upgrade Processor

Sebelum membeli sebuah processor baru, pastikan bahwa motherboard yang kamu miliki bisa mendukung calon processor gres kamu (lihat tabel “Chipset dan Processor Support”). Selain itu, pastikan juga maksimum FSB untuk processoryang bisa didukung motherboard kamu. Hal ini juga berafiliasi banyak dengan chipset yang dipakai pada motherboard kamu.

Sebagai referensi untuk processor Intel. Chipset Intel seri 845 hanya mempunyai bus maksimal 533 MHz. Berbeda dengan chipset Intel 848 ataupun 875Pyang sudah bisa bekerja dengan processor dengan bus 800 MHz.

Hal ini juga berlaku untuk processor AMD. Seperti VIA KT400 yang belum bisa bekerja dengan bus processor 400 MHz. Berbeda dengan KT600 yang sudah bisa bekerja pada bus processor 400 MHz.

Ada baiknya juga untuk memastikan produsen motherboard yang kamu gunakan menyediakan update BIOS pada situsnya. Terutama update BIOS untuk kecepatan processor yang terbaru. Update BIOS diharapkan sekiranya BIOS usang motherboard kamu belum mendukung (biasanya) multiplier processor terbaru.