Mulailah dengan mencabut semua kabel yang melekat ke Laptop atau Komputer, menyerupai kabel power dan monitor.

  1. Letakkan casing di lantai dengan dilapisi oleh kain atau karpet.
  2. Open epilog casing dan gunakan kompresor angin untuk menghilangkan debu yang menempel.
  3. kamu juga sanggup memakai penyedot debu, untuk memaksimalkan pembersihan.
  4. Bersihkan belahan luar monitor, dengan memakai kain bersih. Untuk layar monitor, gunakan kain yang lembut. Namun kalau kamu memakai cairan pembersih, sebaiknya disemprotkan ke kain.
  5. Sedot debu yang melekat di keyboard dengan penyedot debu yang dilengkapi sikat.
  6. Untuk mouse nonoptikal, lepaskan sekrup pada belahan bawah mouse dan keluarkan bolanya. Bersihkan kotoran yang melekat pada putaran dan bolanya.
  7. Bersihkan belahan luar casing dengan memakai kain lembut dan cairan pembersih.

Pasang Saringan udara di casing.

Hal ini untuk menjaga kebersihan casing kamu. Tentunya kamu harus memperhatikan materi yang dipakai sebab kalau materi yang dipakai tidak baik, maka kamu akan mengalami permasalahan gres yaitu akses udara yang tersumbat.

  1. kamu perlu memasangnya di belahan depan intake kipas. kamu boleh saja memasang saringan pada semua kipas. Namun yang diutamakan di sini ialah pemasangan filter pada kipas yang memperlihatkan udara masuk, di mana debu biasanya ikut masuk.
  2. Alternatif materi yang murah dan praktis didapat ialah busa motherboard. Bentuknya yang tipis dan lebar, ideal untuk dimanfaatkan sebagai air filter. Potong sesuai ukuran dan tempel dengan selotip ataupun doubletape.

Perbaiki Aliran Udara dalam Casing

Layaknya sebuah rumah, casing Laptop atau Komputer membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Tujuannya membantu biar udara di dalam casing tidak terlalu panas.

  1. Rapikan kabel dalam casing. Kabel acak-acakan akan menghambat pedoman udara dalam casing. Mengikat, salah satu cara paling efektif untuk merapikan kabel. Gabungkan kabel dan ikat dengan plastik strap atau kawat pengikat. Usahakan tidak mengikatnya dengan karet gelang. Suhu panas casing akan menciptakan karet gelang mengalami deformasi plastik dan balasannya putus.
  2. Untuk kabel IDE dan FDD yang sanggup kamu lakukan ialah menggantinya dengan round cable. Kabel IDE round cable sedikit banyak memperkecil penampang kendala udara dalam casing kamu. Tidak tertarik untuk membelinya? kamu sanggup mengakali kabel IDE konvensional kamu dengan menggulung dan mengikatnya. Bisa dengan strap ataupun kawat pengikat.
  3. Untuk menciptakan fentilasi tambahan, sanggup dengan moding casing. Sayangnya, hal ini kurang menarik bagi yang tidak hobi. Alternatif lain, kamu sanggup membuka slot PCI yang masih tertutup.
  4. Tempatkan ekstra fan exhaust pada belahan teratas casing. Logikanya, udara panas akan selalu berada di belahan teratas, sehingga fan efektif untuk mengeluarkan udara panas yang terkurung dalam casing.